HIT Obat Nyamuk , Amankah?

HIT OBAT NYAMUK menjadi tema postinganku kali ini. Apakah nyamuk adalah sesuatu yang cukup menarik untuk dibahas? Tentu saja, karena mahluk kecil tersebut sudah menjadi masalah dari jaman dinosaurus masih ada. Hewan-hewan bertubuh besar tersebut dikabarkan juga sangat terganggu oleh dengungan dan gigitan nyamuk prasejarah.

Obat nyamuk menjadi salah satu barang yang amat sangat dibutuhkan oleh manusia yang tidak mau terganggu oleh gangguan nyamuk. Karena pada dasarnya manusia membutuhkan istirahat yang cukup dan waktu bersantai dengan keluarga tanpa gangguan dari dengungan dan gigitan yang menjengkelkan. Suara dengungan nyamuk sangat mengganggu. Bahkan Raja Namrud pun mati dipukul oleh para pengawalnya karena tidak tahan mendengar suara dengungan nyamuk yang bersarang di kepalanya akibat terkena azab dari Allah SWT.

Selain suara dengungannya yang menjengkelkan itu, gigitan nyamuk adalah hal yang juga sangat menakutkan. Betapa tidak, akibat yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk bisa berupa terjangkitnya tubuh oleh beberapa penyakit berbahaya seperti :

  • penyakit demam berdarah     penyebab : nyamuk Aedes aegypti,
  • penyakit malaria                      penyebab : nyamuk Anopheles,
  • demam penyakit kuning         penyebab : nyamuk Aedes albopictus,
  • penyakit kaki gajah                 penyebab : nyamuk Anopheles,
  • demam chikungunya               penyebab : nyamuk Aedes albopictus,
  • zika                                             penyebab : nyamuk Aedes aegypti.

Sungguh sangat menakutkan, bukan, akibat dari gigitan nyamuk? Karena itulah dari dulu orang-orang berusaha mencari cara agar terhindar dari gigitannya. Pada waktu dulu orang-orang mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk bakar dari bahan pyrethrum yaitu serbuk hasil pengeringan bunga chrysantenum. Kemudian seorang pengusaha asal Jepang bernama Eiichiro Ueyama mengembangkan obat nyamuk batangan yang terbuat dari pasta  pyrethrum yang dicampur dengan serbuk gergaji dan pati agar mudah dibentuk. Kemudian pada tahun 1902 berawal dari ide istrinya, Ueyama akhirnya membuat obat nyamuk bakar dalam bentuk spiral seperti yang ada sekarang ini. Namun sekarang bahan  pyrethrum telah digantikan dengan pyrethoid atau produk sintetis dari pyrethrum.

Asal Mula HIT Obat Nyamuk

Bentuk obat anti nyamuk sudah berkembang menjadi bermacam-macam, mulai dari jenis bakar, semprot, oles, elektrik dan beberapa bentuk lainnya. Dari dulu yang merajai pasaran adalah jenis obat nyamuk bakar karena benar-benar dapat membunuh nyamuk. Tapi tidak semua orang tahan akan asapnya yang bila dipakai di ruangan berventilasi minim akan sangat menyesakkan pernapasan. Sekarang banyak yang beralih ke jenis semprot, oles, dan elektrik. Seperti yang dikeluarkan oleh perusahaan PT. Megasari Makmur dengan brand HIT obat nyamuk. Kini HIT  hadir dengan bahan aktif yang bukan pestisida. PT. Megasari Makmur mengeluarkan lagi produk anti nyamuknya dengan jenis yang lebih variatif.

Penggunaan HIT Obat Nyamuk

Di tempatku tinggal, sangat membutuhkan produk pembasmi nyamuk karena daerahku merupakan endemi malaria. Dari balita sampai orang tua rawan terjangkit malaria. Di tambah lagi bekas pertambangan batu bara yang tidak direklamasi menyebabkan banyaknya kolam-kolam air di musim hujan yang bisa menjadi sarang nyamuk. Jadi harus ekstra perlindungan terhadap serangan nyamuk.

Dari dulu orang tuaku memakai obat nyamuk bakar. Namun ada kalanya kami mencoba yang lain, nah piihan jatuh pada HIT semprot.

Namun karena saat menyemprot bawaannya latah, dimana ada suara berdengung, langsung saja disemprot. Bagian-bagian kamar yang agak gelap sedikit, disemprot. Di bawah tempat tidur, di belakang lemari, di sudut-sudut kamar, pokoknya dimana-mana. Tentu saja akhirnya setiap membeli HIT semprot, cepat sekali habis.

Macam-macam HIT Obat Nyamuk

Lalu kami ganti menggunakan  HIT MAT. Dipasangnya ditiap kamar. Dipilih karena baunya yang harum dan harganya relatif murah. Pemakaian HIT elektrik ini bertahan cukup lama. Namun entah kenapa kesemua alatnya menghilang. Dicari kemana-mana tidak ketemu. Apa karena pas ada acara sedekahan jadi dibawa kemana-mana.

Akhirnya kembali lagi ke asal yaitu memakai anti nyamuk bakar yang selalu tersedia di warung Mamaku. Jenis bakar ini merupakan favorit Papaku. Asapnya bagai sugesti kuat kalau nyamuk bakalan mati. Tapi bau asapnya tidak hilang-hilang. Aku tidak tahan bau asapnya. Di kamarku memakai kelambu, karena ada memori yang cukup menakutkan dengan obat nyamuk bakar ini.

Dulu waktu SMP aku tidur sekamar bertiga dengan adik-adikku. Nah, obat nyamuk bakar diletakkan di lantai agak jauh dari tempat tidur. Tengah malam salah satu adikku membangunkan aku. “Kak, kebakaran!!” serunya panik. “Haah, apa?” Sambil masih mengantuk aku lihat kamar kami sudah penuh dengan asap. Kami bertiga langsung bangun dan memanggil mama dan papa di kamar sebelah. Jendela semua dibuka lebar, agar asap segera keluar. Ternyata obat nyamuk bakar telah membakar sebuah bantal. Bukan membakar sih, tapi menggerogoti seperti api dalam sekam karena bantalnya berisi kapuk, makanya asapnya tebal bukan main. Untung adikku sempat terbangun. Usut punya usut adikku yang lebih kecil kan kalau tidur gagah sekali. Jadi bantal itu kena tendangan dia. Alhasil terjatuhlah bantal ke arah obat nyamuk bakar dan mengakibatkan kejadian itu. Makanya aku memilih kelambu saja.

Sempat membeli raket nyamuk. Harganya lumayan mahal. Wuiiih, kalau lagi digunakan persis seperti gerakan silat murid Eyang Sinto Gendeng alias Wiro Sableng. Kibas sana, kibas sini, lompat sana, lompat sini, he3x—. Bunyinya saat ada nyamuk yang nempel itu, yang bikin gemes. Namun akhirnya rusak juga karena kawat-kawatnya tidak pernah dibersihkan sehingga bekas darah nyamuk jadi karat dan bikin konslet. Akhirnya pakai kelambu lagi.

Penggunaan HIT Obat Nyamuk Saat Musim Kemarau

Namun saat musim kemarau, udara yang panas walau di malam hari membuat nyamuk-nyamuk juga gerah. Serius!!! Aku tidak bisa tidur karena beratus-ratus nyamuk seakan berpesta karaoke di luar kelambu. Ributnya minta ampun! Dengan ditemani keponakan yang masih SD aku memutuskan  untuk berbelanja pembasmi nyamuk. Pilihan akhirnya jatuh kepada HIT MAGIC.

Ya, HIT Magic. Dipilih karena ada iming-iming rejeki magicnya (he3x—). Lagipula harganya cukup murah. Malamnya kertas HIT Magic dicoba dibakar di kamarku. Setelah dibakar ditiup dan ditinggalkan dengan pintu tertutup. Beberapa menit kemudian aku masuk lagi bersama keponakanku dengan memakai masker. Ternyata di lantai tergeletak puluhan nyamuk yang sudah mati atau sedang sekarat. Dengan tissu kami mengumpulkan bangkai-bangkai nyamuk tersebut sambil menghitungnya. Percaya atau tidak,  kami pernah mengumpulkan 98 ekor nyamuk dalam satu kali bakar HIT Magic. Selama kemarau aku rajin menghidupkan HIT Magic di setiap kamar. Terkadang juga di ruang TV karena nyamuknya memang sungguh mengganggu. Cukup efektif untuk mengurangi pesta karaoke nyamuk dan cukup aman karena pemakaiannya hanya sebentar dan ampuh membunuh nyamuk.

Penggunaan HIT Obat Nyamuk Saat Musim Penghujan

Sekarang sudah musim penghujan. Ketika malam hari nyamuk tidak terlalu banyak sehingga pemakaian obat nyamuk agak dikurangi. Namun biasanya kalau hujan nyamuk akan bersarang di genangan-genangan air dan menggigit di kala siang hari. Bak air di kamar mandi saja, kalau tidak dibersihkan dalam tiga hari sudah banyak jentik-jentik nyamuk yang menggeliat-geliat centil di dalam air. Kalau sudah begini bagaimana solusinya? Sepertinya kalau siang mending memakai obat nyamuk oles, ya. Apakah HIT juga menyediakan produk yang bisa dipakai kala beraktifitas di siang hari? Aku sih, berharap kalau HIT juga memasarkan varian baru lagi seperti anti nyamuk lotion/oles, stiker anti nyamuk, atau gelang anti nyamuk dengan brand HIT. Tapi tentu saja harus tetap aman, ampuh dan murah.

Bagaimana Cara Aman Menggunakan HIT Obat Nyamuk

“Rabbana ma khalaqta hadza bathila subhaanaka faqinaa ‘adza bannaar” QS.Ali Imron(3) :191 yang artinya “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, peliharalah kami dari siksa neraka.” Sungguhlah segala sesuatu diciptakan oleh Allah SWT tidak sia-sia. Buktinya nyamuk, walaupun dianggap merugikan tetapi bagi sebagian orang tentu menjadi sumber inspirasi dan rejeki. Untuk perusahaan obat nyamuk tentulah keberadaan nyamuk ini menjadi sumber inspirasi dan rejeki. Coba, kalau Allah SWT tidak menciptakan nyamuk, tentu obat nyamuk tak akan dibuat orang.

Obat nyamuk memang sangat penting dalam mencegah bahaya gigitan nyamuk, namun dalam pemakaiannya harus bijaksana. Namanya juga obat, seperti halnya obat untuk manusia. Jika tak mau efek samping pakailah yang herbal atau alami, namun kalau obat kimia tentu saja ada efek samping. Untuk meminimalisir efek buruknya harus dipakai sesuai aturan dan dosis yang tepat, tidak sembarangan. Begitu pun dengan obat anti nyamuk. Kalau mau aman ya pakailah sesuai aturan. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan pembaca bisa lebih mengenal tentang HIT obat nyamuk .

KAMU SUKA MEMBACA???

BACA SINOPSIS 24 WAJAH BILLY

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s