Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Judul   :  The Alchemist’s Secret -Rahasia Sang Alkemis

Penulis  : Scott Mariani

Tebal   :  510 Halaman

Penerjemah  :  Lulu Fitri Rahman

Penerbit  :  Qanita

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Buku ini dimulai dengan potongan-potongan peristiwa yang mulai membangkitkan sedikit rasa keingintahuan pembaca. Untuk sementara pembaca dibiarkan mengira-ira apa hubungan antar semua peristiwa tersebut.

Tokoh utama cerita ini adalah Benedict Hope atau Ben Hope. Seorang mantan pasukan elite tentara Inggris yang sangat ahli dibidangnya. Satu peristiwa suram di masa lalunya, membuatnya beralih profesi sebagai pencari orang-orang hilang.

Lebih sebagai pengganti rasa bersalahnya terhadap  Ruth-sosok adik yang sangat dicintainya. Dan karena hal itu jualah yang membuatnya memutuskan untuk menerima suatu tugas yang tidak biasa.

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Ia ditugaskan oleh seorang kaya-Fairfax- untuk mencari manuskrip alkimia milik Fulcanelli-seorang alkemis- yang berisi formula dari ramuan rahasia cairan yang bisa menyembuhkan penyakit dan memperpanjang usia. Cairan itulah yang nantinya dimaksudkan agar bisa menolong nyawa Ruth-cucu Fairfax yang sedang sakit parah.

Ben Hope berpetualang ke Prancis demi mencari manuskrip tersebut. Ia bertemu dengan seorang ilmuwan alkimia wanita Dr. Roberta Ryder yang sedang melakukan penelitian tentang ‘cairan yang bisa menyembuhkan penyakit dan memperpanjang usia. Pertemuannya dengan Roberta membawanya ke dalam situasi yan penuh ancaman dan bahaya. Nyawanya dan Roberta terancam oleh pihak-pihak yang ternyata juga tertarik dengan cairan keabadian tersebut.

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Sebuah organisasi rahasia Gladius Domino yang dipimpin oleh seorang Uskup Agung Vatikan, Massimiliano Usberti dengan sang inkuisitornya Franco Bozza-sang maestro penyiksa yang luar biasa kejam dan berhati beku- menebar teror dalam memburu Ben Hope dan Roberta sambil berlomba cepat mendapatkan manuskrip Fulcanelli.

NB : Seandainya buku ini difilmkan, akan banyak sekali adegan berdarahnya. Penyiksaan sadis tak berperikemanusiaan. Ceritanya agak setipe dengan salah satu film yang aku suka- Angel and Demons yang diperankan oleh Tom Hanks- namun dengan karakter tokoh utama yang berbeda.

Seiring berjalannya cerita, mulai tampak jelas hubungan antar potongan peristiwa di awal buku ini. Mereka saling berkaitan melengkapi jalan cerita.

Dengan berbekal catatan pribadi Klaus Rheinfeld-asisten Clement-anak dari murid Fulcanelli- yang mencuri manuskrip Fulcanelli dan menuliskan ingatannya ke dalam buku catatan kecil selama ia berada di rumah sakit jiwa, mereka mencoba mencari manuskrip tersebut. Catatan itu mereka dapatkan dari Ana Manzini seorang ahli sejarah yang tertarik menulis tentang kaum Cathar. Catatan aneh yang ternyata berupa kode-kode yang mengarahkan ke tempat manuskrip Fulcanelli berada.

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Keasyikan dan kebingungan Ben Hope dalam memecahkan kode-kode rahasia catatan Klaus, yang menjadi bagian dari keasyikan pembaca buku ini juga bisa dirasakan para pembaca. Penulis menjelaskan secara rinci proses pemecahan kode yang dilakukan oleh Ben Hope sehingga para pembaca juga bisa ikut memecahkan kode-kode tersebut.

Aku pun sampai bisa menemukan bahwa ada satu huruf yang salah cetak dalam daftar berikut ini: (ataukah aku yang keliru)

pemecahan kode oleh Ben Hope

Coba kalian cari sendiri, satu huruf yang salah cetak, caranya ikuti saja cara Ben Hope memecahkan kode

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Garis besar cerita dalam buku ini seperti dalam kisah-kisah James Bond agen rahasia 007 yang selalu lolos dari maut dengan cara yang tak terduga, serta tokoh utamanya mempunyai keahlian yang sangat mumpuni dalam strategi tempur.

Buku ini cukup asyik untuk dibaca. Banyak pengetahuan yang bisa didapat terutama tentang alkimia.  Buku ini juga mengungkapkan tentang sejarah gelap Gereja Katolik yang berkaitan erat dengan Catharisme dan Perang Salib.

Aku sangat kagum pada kesungguhan Scott Mariani dalam menulis buku ini, karena cerita dalam buku ini tidak mungkin terjalin tanpa penelitian yang serius terhadap sejarah, orang-orang maupun tempat-tempat kejadian. Memanglah untuk membuat sebuah karya yang bagus diperlukan kecintaan dan kesungguhan.

Tentang Scott Mariani

Aku suka sekali membaca catatan pengarang yang dicantumkan pada bagian akhir buku, dimana dijelaskan semua fakta yang menjadi acuan cerita.

catatan pengarang buku The Alchemist's Secret

Sinopsis “The Alchemist’s Secret”-Rahasia Sang Alkemis- oleh Scott Mariani

Yang aku kurang suka adalah cara bercerita yang terpenggal-penggal sehingga aku sesekali harus menengok lagi ke belakang untuk mengulang cerita, karena lupa. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara bercerita seperti ini, cuma aku kurang suka.

Baca deh bukunya. Cukup membuka wawasan pengetahuan kita. Selamat membaca.

O,ya, hampir lupa… Aku juga suka pembatas buku yang ada di buku ini.

Pembatas buku The Alchemist's Secret

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s