Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Judul   : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia

Penulis   : J.K. Rowling

Penerbit : Gramedia

Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Harry bertemu untuk kali yang pertama dengan Dobby si peri rumah keluarga Malfoy di privet drive pada hari ulang tahunnya yang ke 12. Apa jadinya? Dobby melarang Harry untuk kembali bersekolah di Hogwarts, karena ada bahaya yang menunggu di sana. Dobby akan  menyakiti dirinya  sendiri untuk tiap ucapan salah yang dia  lakukan. Ia ternyata telah menahan surat-surat dari sahabatnya untuk Harry dan Dobby mengeluarkan sihir peri rumah sehingga membuat kementrian sihir langsung mengirimkan surat peringatan  kepada Harry yang dikira melakukan sihir di bawah umur di depan muggle. Keluarga Dursley pun akhirnya tahu Harry tak boleh menggunakan sihir di luar Hogwarts.

Harry  melewatkan sisa masa liburannya di The Burrow-rumah keluarga Ron-  untuk pertama kalinya. Bersama keluarga Weasley ia membeli barang-barang keperluannya di Diagon Alley setelah sempat tersesat ke Knocturn Alley ketika memakai bubuk flo. Sunggh suatu kebetulan yang tidak menyenangkan ketika mereka bertemu dengan keluarga Malfoy, bahkan Arthur Weasley sampai berkelahi dengan Lucius Malfoy di sebuah toko buku yang ramai dengan penggemar Gilderoy Lockhart si pengarang buku yang nantinya akan menjadi Guru pertahanan terhadap ilmu hitam di Hogwarts.

Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Harry dan Ron yang tiba terakhir di peron 9  3/4  King’s Cross, ternyata tidak dapat melewati tembok tersebut. Mereka akhirnya memutuskan untuk menaiki mobil ayah Ron -yang telah disihir untuk bisa terbang. Malangnya mobil itu rusak ketika nyaris mencapai Hogwarts dan akhirnya menabarak pohon Dedalu perkasa. Bisa dibayangkan betapa marahnya sang dedalu perkasa itu. Mobil itupun akhirnya melarikan diri ke hutan terlarang. Dan yang lebih malang  lagi adalah tongkat Ron patah terkena amukan dedalu perkasa.

Ternyata tahun kedua Harry di Hogwarts tidak terlepas dari peristiwa-peristiwa seru dan menegangkan. Guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam mereka yang baru sangat menyebalkan. Gila ketenaran dan menganggap Harry sama seperti dirinya yang suka akan ketenaran. Namun Hermione sangat mengidolakan Lockhart.

Draco Malfoy menjadi seeker tim quidditch Slytherin karena sumbangan sapu-sapu  baru oleh ayahnya untuk timnya.  Harry bersama Ron bertengkar dengan Draco yang mengejek Hermione dengan “Darah Lumpur”. Namun Ron yang menggunakan tongkatnya yang patah malah berbalik ke dirinya sendiri sehingga ia terus bersendawa dengan mengeluarkan siput-siput yang sangat banyak.

Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Harry dan Ron terkena detensi. Ron mengelap piala di ruang piala dan  Harry membantu Lockhart untuk membalas surat-surat dari penggemarnya. Ketika itulah untuk pertamakalinya Harry mendengar suara-suara aneh seperti bisikan yang hanya dia sendiri yang bisa mendengarnya. Dan ketika pelajaran duelnya dengan Draco Malfoy lah semua orang menyadari bahwa Harry seorang parseltongue-bisa berbicara dengan ular padahal yang diketahui bisa berbicara bahasa ular adalah keturunan Slytherin seperti Voldemort.

Dari sana, kejadian-demi kejadian bermunculan. Mrs. Norris ditemukan membatu setelah tanpa sengaja Harry tau bahwa Filch adalah seorang squib-keturunan penyihir yang tidak bisa menggunakan atau  mempunyai kemampuan sihir. Di dekatnya tertulis bahwa kamar rahasia telah terbuka dan para darah lumpur akan berada dalam bahaya. Dan berdasarkan desas-desusnya hanya pewaris  Slytherin lah yang bisa membuka Kamar Rahasia.

Pertandingan Quidditch melawan Slytherin dimenangkan oleh Griffindor walaupun Harry harus menderita patah tulang lengan karena dikejar Bludger gila yang ternyata telah disihir oleh Dobby untuk bisa memulangkan Harry dari Hogwarts. Parahnya tulang Harry hilang karena terkena sihir Lockhart yang bermaksud menyembuhkannya sehingga Harry harus meminum ramuan Skelegrow untuk menumbuhkan tulangnya dalam semalam. Proses yang sangat menyakitkan.

Harry, Ron dan Hermione mencurigai Draco sebagai pewaris Slytherin dan mereka membuat ramuan Polijus- di Toilet rusak tempat hantu Mirtle Merana berada- untuk menyamar menjadi Crabe dan Goyle teman Draco agar mereka bisa  mengungkapkan rahasia Draco. Hermione ternyata salah mengambil rambut kucing sehingga ia berubah menjadi berbulu dengan ekor dan harus dirawat untuk beberapa waktu.

Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Kemudian beberapa korban lagi berjatuhan. Orang-orang mencurigai Harry sebagai pelakunya karena Harry selalu berada di tempat kejadian pada saat yang tidak tepat. Mereka berusaha mengungkap rahasia Kamar Rahasia. Mereka menemukan sebuah buku harian tua milik Tom Riddle dibuang ke toilet Mirtle Merana. Dan ketika Harry mencoba menulis di dalamnya ternyata buku itu membawanya ke dalam memori tentang terbukanya Kamar Rahasia. Ternyata dulu Hagrid lah yang dituduh membuka kamar rahasia dan karena ia memelihara monster laba-laba Aragog maka hal itulah yang dulu membuat ia dikeluarkan dari Hogwarts.

Kementrian sihir pun akhirnya atas hasutan Lucius Malfoy menahan Hagrid di Azkaban dan memecat Dumbledore sebagai kepala sekolah. Keadaan bertambah kacau ketika Hermione juga membatu sesaat setelah dia ingin mengatakan kepada teman-temannya bahwa ia telah tahu monster apa yang berada di Hogwarts. Harry dan Ron mengikuti saran Hagrid untuk mengikuti laba-laba dan membuat mereka  masuk ke dalam hutan terlarang dan hampir disantap oleh para laba-laba raksasa kalau tidak diselamatkan oleh mobil ayah Ron yang ternyata masih berada di hutan itu.

Puncaknya adalah ketika Ginni Weasley adik Ron disandera di kamar rahasia. Mereka akhirnya berhasil memecahkan misteri kamar rahasia dan meminta bantuan Lockhart untuk masuk ke kamar rahasia yang ternyata pintu masuknya ada di toilet Mirtle Merana serta menghadapi Basilisk monster ular yang dengan memandangnya saja bisa membuat orang mati.

Sinopsis Buku Harry Potter ke 2 : Harry Potter and The Chamber of Secrets -Harry Potter dan Kamar Rahasia oleh J.K. Rowling

Akhirnya mereka berhasil memaksa Lockhart-yang sudah berniat pergi melarikan diri dari Hogwarts- untuk masuk ke kamar rahasia. Ketika Lockhart hendak menyihir mereka berdua dengan jampi memori dengan tongkat Ron yang berhasil direbutnya, malang jampi-jampinya berbalik ke dirinya sendiri. Dan jampi-jampi itu juga meruntuhkan sebagian lorong menuju kamar rahasia. Harry akhirnya meneruskan perjalanan sendiri.

Bagaimana perjuangan Harry melawan Basilisk? Bagaimana ia bisa menyelamatkan Ginny dari Tom Riddle yang ternyata adalah masa mudanya Lord Voldemort? Bacalah sendiri, endingnya lebih seru kalau kita baca sendiri. Pokoknya TOP BANGET DEH.

Peringatan!!! : Bagi yang membacanya jangan sampai lalai sholat ya, karena bukunya cukup tebal. Dan jangan sampai mempercayai isi buku ini karena hanya cerita fiksi. (-_-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s