Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Judul : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Penulis : J.K. Rowling

Tebal : 384 Halaman

Penerjemah : Listiana Srisanti

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat menggenaskan, dimana paman , bibi dan sepupunya sama seklai tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka. Kedua orang tua Harry telah  meninggal dalam sebuah kecelakaan dan ia dititipkan kepada mereka.

Namun sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang kesebelas, telah membuat hidupnya berubah. satu fakta  terungkap dan hampir tak bisa dipercaya : Harry Potter adalah penyihir dan orang tuanya tidak mati karena kecelakaan melainkan meninggal ketika menyelamatkannya dari kutukan Lord Voldemort (penyihir paling jahat dan berkuasa yang pernah ada). Sebelas tahun dalam ketidaktahuan, dan dia diharuskan bersekolah di sebuah Sekolah Sihir terbaik “Hogwarts”.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Berbagai pengalaman  baru yang sangat mengesankan dan menggembirakan baginya. Ia terpilih (lebih tepatnya memilih) untuk bergabung di Asrama Gryffindor, berteman dengan Ron Weasley dan juga Hermione Granger (sebuah insiden dengan Troll telah mengakrabkan mereka), bermusuhan dengan Draco Malfoy dari Slytherin, bahkan menjadi pemain quidditch posisi seeker termuda dalam seabad ini.

Bersama kedua sahabat barunya, Harry mengalami petualangan yang sangat mendebarkan. Mulai dari menghadapi Troll, menyelamatkan naga milik Hagrid, dan petualangan-petualangan tengah malam lainnya. Jubah ajaib Harry (hadiah dari seseorang) yang merupakan jubah milik ayah Harry dulu, sangat membantu mereka menyelundup dan berkeliaran kala malam di Hogwarts.

Hukuman atau detensi yang mereka terima ketika suatu saat terpergok, ternyata mengantarkan Harry bertemu dengan sosok Voldemort untuk kali yang pertama.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Keingintahuan Harry, Ron dan Hermione membuat mereka mengetahui bahwa di Hogwarts tengah di sembunyikan “Batu Bertuah” yang mengandung cairan kehidupan-dan sedang diincar oleh Voldemort yang telah kehilangan raganya. Bersama seorang abdinya yang setia yang berhasil menyusup ke Hogwarts, ia mengincar cairan kehidupan di dalam Batu Bertuah tersebut.

Namun berkat keberanian Harry, kesetiakawanan Ron dan kepintaran Hermione ,”Batu Bertuah” berhasil mereka selamatkan sebelum dikuasai Voldemort.

Bertiga mereka menempuh bahaya, melewati anjing raksasa berkepala tiga, tanaman jerat setan, kunci-kunci terbang, troll, logika api, dan cermin Tarsah. Sehingga yang tersisa di akhir hanyalah Harry yang langsung berhadapan dengan Voldemort dan abdi setianya. Namun disaat-saat genting, datanglah pertolongan dari Albus Dumbledore (Kepala Sekolah Hogwarts) yang sakti.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Petualangan Harry dan sahabat-sahabatnya dalam tahun ajaran pertama sekolah di Hogwarts erakhir dengan sangat menyenangkan, dimana akhirnya Asrama Gryffindor berhasil meraih Piala Asrama setelah selama 6 tahun berturut-turut dikuasai oleh Slytherin.

Diakhir tahun pelajaran, Harry pun harus kembali ke keluarga Dursley dengan perasaan yang jauh lebih menyenangkan dari tahun-tahun sebelumnya.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-1 : Harry Potter and The Sorcerer’s Stone oleh J.K. Rowling

Aku sangat-sangat menyukai cerita dalam buku Harry Potter yang pertama ini. awal kisah yang sangat mengesankan. Wajar saja kalau buku karya Joanne Kathleen Rowling ini meraih berbagai penghargaan dan menjadi fenomena internasional.

Setiap membaca serial Harry Potter ini, aku selalu merasakan sensasi seperti berada dalam karya-karya Enid Blyton, namun dengan ketajaman cerita dan kepintaran ide yang lebih mumpuni.

Selamat membaca.

Peringatan!!! : Bagi yang membacanya jangan sampai lalai sholat ya, karena bukunya cukup tebal. Dan jangan sampai mempercayai isi buku ini karena hanya cerita fiksi. (-_-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s