sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Judul   : Harry Potter and The Order of The Phoenix

Penulis   J.K. Rowling

Penerbit  : PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004

Penerjemah  : Listiana Srisanti

Tebal  : 1200 halaman

sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Harry merasakan perasaan tanpa harapan menghantuinya sepanjang liburan musim panas ini. Sama sekali tak ada kabar berita, baik dari sahabat-sahabatnya , Dumbledore, bahkan Sirius. Ia marah, kecewa, karena berada  dalam ketidaktahuan yang menyiksa. Ia ingin tahu apa yang terjadi setelah ia mengungkapkan bahwa Lord Voldemort telah kembali.

Di tengah ketidaktahuan itu, tiba-tiba ia harus meghadapi dementor yang menyerangnya dan Dudley di Privet Drive. Untunglah Mantra Patronusnya berhasil menyelamatkan mereka berdua. Namun Harry harus menghadapi sidang di Kementrian Sihir, karena ia telah melakukan sihir di tengah-tengah muggle dan ia terancam akan dikeluarkan dari Hogwarts.

sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Ternyata setelah ia mengungkapkan tentang kembalinya Voldemort, Kementrian Sihir tak lagi berbaik hati padanya. Harry dijemput oleh para penyihir yang menamakan diri mereka Orde Phoenix yang sekarang bermarkas di rumah Sirius Black. Ia bertemu dengan Ron dan Hermione yang juga  tidak mengetahui apa-apa tentang perkembangan yang terjadi Yang mengejutkan ternyata Profesor Snape tergabung juga dalam Orde Phoenix ini.

Ketika mereka kembali bersekolah, ternyata masalah demi masalah mereka hadapi. Sumbernya tak lain dari Kementrian Sihir yang berkonfrontasi dengan Albus Dumbledore dan orang-orang yang setia kepadanya. Cornelius Fudge (Menteri Sihir) menunjuk Dolores Umbridge sebagai Inkuisitor Agung Hogwarts yang berkuasa penuh atas segala gerak dari murid-murid dan guru-guru Hogwarts. Selain itu ia juga menjabat sebgai Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam yang baru. Namun selama pelajarannya, mereka sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan tongkat sihir. Dan karena Harry bersikeras dengan keyakinannya bahwa Voldemort telah kembali, maka ia harus menerima detensi yang sangat menyakitkan.

sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Atas usul Hermione, dibentuklah Laskar Dumbledore (LD) yang beranggotakan murid-murid Griffindor, Ravenclaw dan Hufflepuff yang bersedia untuk dilatih mantra-mantra pertahanan oleh HArry Potter. Mereka pun berlatih secara rahasia di Kamar Kebutuhan.

Sementara itu Harry secara khusus harus belajar Occlumency dengan profesor Snape atas perintah Dumbledore. Hal tersebut karena Harry selalu merasakan sakit setiap kali terjadi perubahan emosi pada Voldemort. Ia juga selalu dihantui mimpi-mimpi buruk yang tak bisa dikendalikannya. Seakan-akan ia berada di dalam tubuh Voldemort. Dumbledore takut hal tersebut akan dimanfaatkan oleh Voldemort untuk menguasai Harry.

Kekacauan demi kekacauan terjadi. Profesor Trelawney dipecat oleh Umbridge. Hagrid  pun akhirnya melarikan diri dari Hogwarts karena hendak ditangkap atas tuduhan Umbridge. Harry dan si kembar Weasley pun menerima hukuman tak boleh bermain quidditch. Ron dan Ginny weasley pun akhirnya bergabung dalam tim quidditch Griffindor untuk menutupi kekurangan pemain.

Dan puncaknya adalah diusirnya Dumbledore dari Hogwarts setelah menyelamatkan Harry dan teman-temannya yang tergabung dalam LD dari interogasi Umbridge atas aduan salah satu anggota mereka yang berkhianat.

sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Namun karena jadwal pelajaran mereka yang sangat padat-untuk kelas ke 5 mereka akan menghadapi ujian OWL (Ordinary Wizarding Level) – mereka harus meneruskan bersekolah disana dengan kekacauan yang semakin hari semakin parah.

Harry diserang lagi oleh mimpi buruknya dimana Sirius sedang menghadapi maut yang tak lain adalah Voldemort. Karena mimpi Harry yang sebelumnyaberhasil menyelamatkan ayah Ron dari kematian, maka ia percaya mimpinya kali ini juga benar adanya. Dengan segala cara Harry hendak menyusul Sirius yang diduga tengah berada di Depertemen Misteri Kementrian Sihir, tempat mimpi-mimpi Harry selama ini menuju.

Kendati telah diperingatkan oleh Hermione bahwa hal tersebut mungkin saja sebuah jebakan dari Voldemort namun Harry bersikeras ingin menyelamatkan Sirius. Ia bersama Ron, Hermione, Loona Lovegood, Neville Longbottom, melakukan misi penyelamatan.

Ternyata mereka berada dalam situasi yang sama sekali tidak pernah diperhitungkan sebelumnya, yang mengharuskan mereka berhadapan dengan para pelahap maut bahkan Lord Voldemort. Disaat-saat genting datanglah  pertolongan dari para anggota Orde Phoenix dan Dumbledore.

Keputusannya untuk pergi tersebut , merupakan hal yang akan benar-benar disesali oleh Harry karena ia harus kehilangan orang yang paling dia sayangi saat ini.

sinopsis buku Harry Potter ke-5 (Harry Potter and The Order of The Phoenix) oleh J.K. Rowling

Pokoknya kisah Harry Potter selalu menegangkan, penuh keberanian, pertemanan, kepercayaan, pengkhianatan, dan pengorbanan. BACA deh!!! Kita akan merasa seolah-olah berada dalam dunianya Harry Potter dan teman-teman. Bagus banget!!!

Peringatan!!! : Bagi yang membacanya jangan sampai lalai sholat ya, karena bukunya cukup tebal. Dan jangan sampai mempercayai isi buku ini karena hanya cerita fiksi. (-_-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s