Sinopsis Buku Harry Potter ke-3 “Harry Potter and The Prisoner of Askaban” oleh J.K. Rowling

Judul   : Harry Potter and The Prisoner of Askaban

Penulis : J.K.Rowling

Tebal : 534 halaman

Sinopsis Buku Harry Potter ke-3 “Harry Potter and The Prisoner of Askaban” oleh J.K. Rowling

Harry kehilangan kesabarannya dan tidak bisa mengontrol emosinya karena ejekan atas kedua orangtuanya. Ia menyihir Bibi Marge (kakak perempuan Paman Vernon) menjadi menggelembung dan melayang-layang ke langit-langit ruang makan keluarga Dursley. Padahal mereka sedang berada di duna Muggle dimana sihir bagi anak di bawah umur merupakan sebuah pelanggaran. Harry kabur dari rumah. Dia tak bisa berpikir jernih. Hukuman untuknya mestilah dikeluarkan dari Hogwarts dan yang terburuk adalah dijebloskan ke penjara Azkaban yang mengerikan.

Namun alih-alih dihukum, Harry malah mendapatkan pelayanan istimewa di Leaky Cauldron dari Kementrian Sihir. Bertemu pula dengan Ron dn Hermione. Lalu menghabiskan sisa masa liburannya di sana. Ada apa sebenarnya?

Tanpa sengaja Harry mendengar percakapan Mr dan Mrs.Weasley bahwa ia dijaga dari Sirius Black seorang pelarian dari penjara Azkaban. Sirius telah menyebabkan ayah dan ibu Harry, Peter Pettigrew (seorang penyihir lainnya)  beserta sejumlah muggle terbunuh secara kejam.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-3 “Harry Potter and The Prisoner of Askaban” oleh J.K. Rowling

Tahun ajaran baru dimulai dengan kecemasan akan serangan dari Sirius Black. Jalan-jalan masuk ke Hogwarts dijaga ketat oleh para Dementor penjaga penjara Azkaban yang bekerjasama dengan kementrian sihir di bawah perintah Cornelius Fudge (menteri sihir) walaupun hal tersebut sangat ditentang oleh Dumbledore. Mahluk yang sangat mengerikan, mereka menghisap seluruh kebahagiaan dari korbannya dan barang siapa yang mendapat kecupan Dementor, maka ia akan tinggal selongsong tubuh tanpa jiwa.

Rasa takut Harry kepada Dementor mengalahkan rasa takutnya pada Voldemrt sehingga ia selalu pingsan bila berdekatan dengan mereka. Dalam pikirannya selalu muncul suara-suara saat ibunya hendak dibunuh oleh Voldemort. Sangat mengerikan sekali bila berhadapan dengan Dementor. Bahkan pada pertandingan quidditch melawan tim Hufflepuff, Harry kehilangan snitch yang nyaris ditangkapnya, lalu terjatuh dari ketinggian 15 meter. Hal itu dikarenakan kehadiran para Dementor yang tiba-tiba di pertandingan quidditch. Sapu Nimbus Dua Ribu Harry pun hancur berkeping-keping oleh Dedalu Perkasa yang marah karena kejatuhan sapu.

Tak disangka Harry mendapat hadiah Firebolt-sapu berstandar internasional yang akan dipakai sebagai sapu resmi dalam Piala Dunia Quiditch yang akan datang. Setelah sempat diperiksa dengan mantra anti sihir hitam oleh profesor Mcgonagall berkat aduan Hermione yang curiga atas hadiah yang sangat mahal itu berasal dari Sirius Black.

Sinopsis Buku Harry Potter ke-3 “Harry Potter and The Prisoner of Askaban” oleh J.K. Rowling

Ron dan Hermione sesekali bertengkar gara-gara hewan-hewan peliharaan mereka. Ron dengan tikus Scabbers-nya dan Hermione dengan kucing Crookshanks-nya. Harry berhasil pergi ke Hogsmeade (desa sihir) berkat peta perampok yang diberikan oleh Fred dan George Weasley. Ia tidak mendapat ijin pergi karena formulir ijinnya tidak ditandatangani oleh walinya.

Harry juga belajar mantra Patronus kepada profesor Remus Lupin- Guru pelajaran Pertahanan terhadap Ilmu Hitam- untuk bisa menghadapi Dementor. Karena mereka harus menang bertanding quidditch melawan tim Ravenclaw da Slytherin setelah kalah dari Hufflepuff dan Harry takut kalau ia pingsan lagi kalau melihat Dementor.

Dalam tahun ajaran ini Hermione mengambil begitu banyak mata pelajaran dimana ada beberapa pelajaran mempunyai waktu belajar yang sama, sehingga Ron dan Harry sangat heran bagaimana ia bisa melakukannya.

Hagrid diangkat menjadi guru pelajaran Pemeliharaan Satwa Gaib. Dan peliharaan barunya seekor Hippogriff bernama Buckbeak akan berperan penting dalam cerita ini. Hewan itu bahkan hendak dibunuh oleh petuga dari kementrian sihir akibat fitnah dari Malfoy.

Petualangan Harry, Ron, dan Hermione mengantarkan mereka pada kenyataan yang tak diduga-duga. Hal yang mengungkap kebenaran di masa lalu tentang Sirius Black dan Peter Pettigrew (wormtail), bahkan tentang ayah Harry-James Potter– serta Profesor Lupin yang merupakan 4 sekawan di masa lalu, yang mana ternyata juga berhubungan dengan profesor Snape di masa lalu.

Dan berkat rahasia Hermione, Harry dan dirinya berhasil menyelamatkan beberapa jiwa bahkan jiwa mereka sendiri.

Seru, keren, menakutkan, jengkel, lucu, pokoknya segala rasa deh seperti Permen Segala Rasa Bertie Botts yang bisa dibeli di Hogsmeade. Baca ya buku Harry Potter ke 3 ini???!!!

Peringatan!!! : Bagi yang membacanya jangan sampai lalai sholat ya, karena bukunya cukup tebal. Dan jangan sampai mempercayai isi buku ini karena hanya cerita fiksi. (-_-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s