Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat

Rasanya tidak adil kalau aku tidak membuat postingan tentang Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat, karena kebanyakan buku-buku yang akhir-akhir ini aku baca, berasal dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat.

Nah ini adalah sejarah berdirinya pusda lahat (aku ambil dari http://pusdalahat.blogspot.com).

Tahun 1999 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat menempati salah satu ruangan di Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat dengan Perbendaharaan Buku Perpustakaan berjumlah 884 judul dengan jumlah buku keseluruhannya hanya 1.739 eksemplar yang didapat dari limpahan Bagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat yang sebelumnya salah satu tugasnya sebagai Pengelola Perpustakaan di Kabupaten Lahat. Namun masyarakat umum belum banyak mengetahui keberadaaan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat ini.
Setelah akhir Tahun 2000 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat dapat menempati Ex Kantor PMD Kabupaten Lahat yang terkena Likuidasi, yang terletak di Jalan Laskar Rukiah No. 143 Lahat di Pusat Kota dan mudah dijangkau oleh masyarakat umum dan anak-anak Sekolah. Maka sejak saat itu masyarakat mulai banyak mengenal keberadaan Perpustakaan dan Pengunjungnya pun mulai bertambah dari semua lapisan masyarakat.

Dan pada Tanggal 28 Februari 2006 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat resmi menempati gedung baru yang beralamatkan di Jalan Letnan Amir Hamzah No. 30 Kelurahan Pasar Baru Kabupaten Lahat.diresmikan oleh Bapak H. Harunata selaku Bupati Lahat saat itu.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat ini telah pula menorehkan berbagai prestasi, diantaranya sebagai pemilik koleksi buku terlengkap se-Sumatera Selatan, dan sebagai perpustakaan daerah terbaik peringkat ketujuh se indonesia. Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat juga sering mengadakan lomba-lomba untuk para pengunjung, agar menambah minat baca bagi masyarakat. Perpustakaan ini sudah beberapa kali mengalami pergantian kepemimpinan. Sekarang jabatan kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat di pegang oleh Ir. Yunimar menggantikan SIR JOHN TOMY, SE, SIP.

IMG0830A

Pelataran Kantor Pusda Kab. Lahat

IMG0825A

Loker penitipan barang, sudah banyak yang rusak

IMG0827A

Rak buku

IMG0828A

Koleksi buku-buku baru yang oke punya

IMG0829A

Tempat membaca di dalam ruangan ber-ac

 

Bagiku layanan yang diberikan oleh Perpustakaan ini  cukup baik. Pegawainya ramah-ramah, suasananya asyik, ada ac-nya jadi nggak panas (betah deh berlama-lama membaca), dan bukunya juga banyak. Di lantai dua Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat ini juga tersedia beberapa unit komputer dengan layanan internet gratis dan hotspot yang bisa dimanfaatkan untuk searching informasi. Lokasinya yang terletak di pinggir sungai Lematang, pun cukup menambah daya tarik bagi pengunjung untuk ke perpustakaan ini.

Mau pinjam buku tapi belum jadi anggota? Jangan takut, cukup sediakan fotocopy KTP (untuk anak sekolah boleh menggunakan kartu pelajar) dan uang  Rp. 2.000 (untuk biaya nge-press kartu anggota), langsung deh hari itu juga bisa meminjam buku. Tapi ingat, namanya meminjam harus dikembalikan. Perpustakaan ini punya sangsi tegas untuk para peminjam yang tidak mengembalikan buku perpustakaan.  Denda yang ditarik perbuku juga kecil kok, hanya Rp. 200,-. Nah, jangan pikir panjang lagi, ayo ke perpustakaan.

O,ya saat ini Kantor Perpustakaan Kabupaten Lahat telah meluncurkan model Kartu Anggota yang telah dilengkapi dengan kode garis (barcode). Anggota yang baru mendaftar pertama kali akan langsung mendapatkan kartu jenis baru tersebut. Anggota yang sebelumnya telah terdaftar akan diganti dengan kartu jenis baru pada saat melakukan pendaftaran ulang atau perpanjangan masa keanggotaan. Nah, dengan kartu ini, kita tidak perlu bersusah payah mengisi kartu kunjungan. Tersedia komputer juga untuk mengisi data pengunjung anggota dan non anggota di Ruang Sirkulasi, jangan lupa isi ,ya.

So, tunggu apa lagi ayo membaca!!!!

 

Nb.

Pada tahun 1999 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat menempati salah satu ruangan di Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat dengan Perbendaharaan Buku Perpustakaan berjumlah 884 judul dengan jumlah buku keseluruhannya hanya 1.739 eksemplar yang didapat dari limpahan Bagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat yang sebelumnya salah satu tugasnya sebagai Pengelola Perpustakaan di Kabupaten Lahat. Sedangkan Pengunjung Perpustakaan pada waktu itu hanya dikunjungi para pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Lahat dan para Pegawai Dinas / Kantor-Kantor di sekitarnya, sedangkan masyarakat umum dan anak-anak sekolah belum begitu mengenal / mengetahui keberadaan Perpustakaan Umum Daerah.
Setelah akhir Tahun 2000 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat dapat menempati Ex Kantor PMD Kabupaten Lahat yang terkena Likuidasi, yang terletak di Jalan Laskar Rukiah No. 143 Lahat di Pusat Kota dan mudah dijangkau oleh masyarakat umum dan anak-anak Sekolah. Maka sejak saat itu masyarakat mulai banyak mengenal keberadaan Perpustakaan dan Pengunjungnya pun mulai bertambah dari semua lapisan masyarakat. Dan pada Tanggal 28 Februari 2006 Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat resmi menempati gedung baru yang beralamatkan di Jalan Letnan Amir Hamzah No. 30 Kelurahan Pasar Baru Kabupaten Lahat.diresmikan oleh Bapak H. Harunata selaku Bupati Lahat saat itu

Iklan

One comment on “Perpustakaan Daerah Kabupaten Lahat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s