Buku “Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken” oleh Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup

Judul     : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Penulis  : Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup

Penerbit : Mizan Pustaka

Buku ini diterbitkan dalam seri Gold edition oleh Mizan. Ceritanya cukup unik. Dua sepupu Berit (cewek) dan Nils Boyoum (cowok) bersepakat untuk menulis sebuah buku surat. Buku surat adalah surat yang dituliskan dalam sebuah buku dan dikirimkan bergantian ke kedua belah pihak. Jadi mereka menulis surat dalam buku itu kemudian mengirimkannya kembali secara bergantian.

Buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian satu berjudul Buku Surat berisi kumpulan surat mereka berdua. Surat-surat itu menjalin sebuah cerita yang terbangun dari pengalaman mereka yang benar-benar terjadi dan juga hasil rekaan imajinasi mereka. Mereka berdua bertemu dengan seorang perempuan bernama Bibbi Bokken yang menurut mereka aneh dan misterius, sehingga mereka memutuskan untuk menyelidikinya. Walaupun mereka berdua berada di tempat yang berbeda, mereka saling bekerja sama memecahkan misteri tersebut. Mereka berdua mencari perpustakaan ajaib Bibbi Boken dan mencari sebuah buku yang baru akan diterbitkan tahun depan.

Bagian kedua dari buku ini berjudul Perpustakaan, menceritakan pengalaman mereka ketika mereka berdua akhirnya bertemu dan mencari-cari informasi, bahkan menghadapi bahaya demi memecahkan misteri tersebut. Misteri pun terkuak. Pengalaman mereka tetap dituliskan dalam  format berdua, dari sudut pandang Berit dan Nils.

Menurutku buku ini cukup asyik. Sungguh sangat menggugah rasa ingin tahu pembaca. Ketika membaca buku ini, akupun jadi tertarik untuk mencari tahu tentang Klasifikasi Desimal Dewey atau hal-hal lain yang disebutkan dalam surat Berit dan Nils. Dan untuk mengetahui bagaimana akhir dari misteri ini tentu kalian harus membacanya sendiri.

Penulis sangat pandai untuk mengarahkan pembaca agar mengenal dan mengerti tentang bagaimana suatu perpustakaan itu dibuat dan disusun. Menurutku buku ini adalah versi buku pelajaran yang difiksikan, yang dibuat sedemikian menariknya sehingga pembaca dibuat tidak sadar bahwa ia sedang membaca sebuah buku pengetahuan dan bukan sebuah cerita fiksi.

Nb. Buku ini aku pinjam di Perpustakaan Daerah Lahat

BACA SINOPSIS BUKU LAINNYA DI SINI

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s