Sinopsis Buku “24 Wajah Billy” oleh Daniel Keyes

sinopsis 24 Wajah Billy

sinopsis 24 Wajah Billy

Buku 24 Wajah Billy ini diangkat dari kisah nyata William Stanley Milligan atau “Billy” orang pertama dalam sejarah Amerika yang dianggap tidak bersalah atas berbagai tindak kriminal serius, dengan alasan dia tidak waras, karena dia memiliki kepribadian ganda. Si Penulis (Daniel Keyes) yang selama dua tahun mengerjakan novel 24 Wajah Billy ini bersama Milligan, dibayangi keraguan antara percaya atau tidak. Namun akhirnya semua yang tampak mustahil berubah menjadi kebenaran ketika penyelidikannya menunjukkan bahwa  cerita dari Milligan semua akurat.

Kontroversi Milligan ini banyak mendapat reaksi pro dan kontra dari masyarakat, sehingga sangat berdampak pada perkembangan penyembuhan / terapi bagi Milligan. Sang penulis sangat pintar dalam menggambarkan setiap perubahan pribadi yang muncul. Karakter demi karakter digambarkan dengan sangat detil karena pribadi-pribadi atau “orang-orang” yang berada di dalam tubuh Billy mempunyai karakter yang berlainan. Setiap kepribadian  sangat berbeda dan menarik. Buku ini terdiri dari 3 bagian.

Bagian satu 24 Wajah Billy:

Menceritakan pribadi-pribadi  Billy mulai dari saat tertangkapnya sampai saat Tokoh sang Guru muncul.  Bagian ini juga menceritakan bagaimana perjuangan para pengacaranya dalam membela Billy agar bisa mendapatkan terapi yang layak di Athens Mental Health Center. Mengungkapkan  terapi yang dilakukan pada Billy sehingga akhirnya memunculkan pribadi Sang Guru yang mempunyai ingatan total akan semua kepribadian yang lain. Pada bagian ini belum dikupas secara mendalam bagaimana satu persatu pribadi itu bisa muncul dan menguasai tempat utama dalam tubuh Billy. Penyebab terpecahnya kepribadian Billy karena mendapat siksaan yang luar biasa dari Ayah tirinya juga belum diungkapkan secara detil. Tapi bagian pertama ini membuat kita menjadi simpati padanya.

Bagian Dua 24 Wajah Billy:

Bagian ini khusus menceritakan tentang hidup Billy dari bayi sampai kejadian yang menyebabkan dia ditangkap dan akhirnya rahasia mengenai kepribadian majemuk itu terungkap. Pribadi Billy yang asli karena hendak bunuh diri maka sudah dibuat tertidur sejak dia berumur 16 tahun agar mereka bisa menjaga kelangsungan hidup mereka.

Kisah ini diceritakan  berdasarkan ingatan sang Guru yang mempunyai ingatan akan seluruh kepribadian dalam tubuh Billy. Bagian ini menceritakan bagaimana perilaku dari orang tua bisa membuat anaknya menderita. Billy adalah salah satu contoh yang tidak bisa menghadapi apa yang terjadi dalam kehidupannya, sehingga dia selalu mencari pelarian dalam bentuk kepribadian yang lain untuk menghindari kesedihan, kesakitan, ketakutan, amarah dan hal-hal yang ingin dihindarinya.

Ketika membaca bagian ini, seakan-akan pribadi-pribadi dalam tubuh Billy itu benar-benar individu yang terpisah dengan karakter yang menimbulkan simpati. Aku suka dengan Arthur karena dia pintar, aku suka dengan Ragen yang sangat kuat dan  melindungi, aku pun suka dengan Allen yang pintar bicara, Tommy yang pintar elektronika. Tapi keahlian dominan Billy adalah melukis. Kita akan merasa was-was dengan apa yang akan terjadi pada pribadi yang lainnya ketika mereka berganti-ganti tempat utama. Apabila mereka sudah kehilangan kontrol untuk mengatur siapa yang akan muncul di tempat utama maka timbullah kekacauan atau masa kacau balau pada hidup Billy.

Sungguh sulit hidup dengan waktu yang sering hilang. Setiap kepribadian dalam tubuh Billy akan kehilangan sebagian waktunya dan sama sekali tak tahu apa yang terjadi, karena mereka merasa sebagai orang-orang yang berbeda. Sampai akhirnya mereka menemukan bahwa mereka semua hidup dalam satu tubuh yaitu tubuh Billy. Mereka mempunyai sisi jahat dan baik, semuanya bantu membantu agar hidup Billy tetap berlangsung. Kadang kala sisi jahat yang muncul ke tempat utama dan membuat kekacauan. Tapi yang sangat menarik adalah Billy akan tetap bisa bertahan walau dalam penjara sekalipun karena pribadi-pribadi itu mempunyai keahlian sendiri-sendiri yang bisa membuat mereka bertahan di manapun mereka berada.

Terapi-terapi yang dilakukan akhirnya berhasil menyatukan semua kepribadian Billy menjadi sang Guru. Tetapi kekuatan dan keahlian yang dimiliki dari masing-masing pribadi menjadi berkurang karena mereka telah bergabung.

Bagian ketiga 24 Wajah Billy:

Berita-berita dari media masa yang terkadang tidak berdasarkan fakta dan penyelidikan mendalam tentang terapi-terapi yang dilakukan tim dokter dari Athens Mental Health Center, yang selalu menyudutkan dan memandang Billy sebagai pelaku kriminal yang seharusnya di hukum berat, membuat kepribadian Billy terpecah kembali. Terjadi lagi masa kacau balau dalam diri Billy.

Bagaimana ending dari buku 24 Wajah Billy  ini? Sebaiknya sobat pencinta buku membaca sendiri “24 Wajah Billy” ini. Selamat membaca!!!

Nb. buku  24 Wajah Billy ini aku pinjam di Perpustakaan Daerah Lahat

BACA SINOPSIS BUKU YANG LAIN DI SINI.

Setelah membaca buku 24 Wajah Billy ini, aku penasaran bagaimana dengan nasib Billy selanjutnya. Dan inilah hasil pencarianku di internet : (dikutip dari http://www.dispatch.com/content/stories/local/2007/10/28/BILLY.ART_ART_10-28-07_A1_EV89AGB.html)

Tapi masih ada lagi.

Milligan mengendarai sebuah truk di Athena dari mana sebuah tembakan ditembakkan. Ia terkekang pada rumah sakit yang lebih ketat. Dia melarikan diri dari Rumah Sakit Jiwa Central Ohio pada tahun 1986, kemudian meninggalkan rekaman video untuk outlet media lokal di stasiun Bus Greyhound Columbus yang berisi keluhan tentang perawatan rumah sakit baginyanya. Pada satu titik ketika ia berada dalam pelarian, ia bekerja di sebuah bisnis hot-tub di negara bagian Washington. Dia ditangkap di Miami beberapa bulan kemudian.

Pada tahun 1988, para ahli sepakat bahwa Milligan telah menyatu, dan dia dibebaskan dari rumah sakit jiwa Ohio setelah 11 tahun. Dia dibebaskan dari semua pengawasan  tiga tahun kemudian, pada tahun 1991. Dan baru saat itu ia mulai memudar dari mata publik.

Dia bermunculan pada berbagai kesempatan. Ia pindah ke California untuk bekerja pada sebuah film tentang hidupnya. James Cameron( yang kemudian hari mennyutradarai film Titanic), Joel Schumacher( yang menyutradarai Batman Forever), dan aktor John Cusack, Leonardo DiCaprio dan Colin Farrell semuanya dilaporkan terlibat pada berbagai titik yang berbeda, namun film masih belum dibuat.

Berita datangdari seorang hakim California telah menemukan bahwa Milligan mampu menangani urusannya sendiri pada tahun 1996. Ohio membawanya ke pengadilan untuk royalti yang diterimanya pada The Minds of Billy Milligan dan  $ 120.000 dari $ 450.000 -nya dihabiskan untuk pengobatan nya.

Dia menyatakan kebangkrutan di San Diego. Dia keluar dari kebangkrutan itu pada tahun 2000. Dan hanya sampai saat  itulah yang bisa dikatakan oleh siapa saja tentang  Billy Milligan sekarang.

Sebuah pencarian database untuk Milligan datang kembali dengan lebih dari selusin alamat: Encinitas, California, San Diego, Las Vegas. Salah satunya adalah di Beverly Hills. Surat yang dikirim oleh The Dispatch(situs ini)  mencari dia kembali ,tidak terkirim.

Keyes, 80, yang menulis sebuah buku tentang tindak lanjut Milligan( diterbitkan hanya di Jepang), mengatakan dari rumahnya di selatan Florida bahwa ia belum berbicara dengan Billy dalam lebih dari satu dekade. Dia yakin bahwa Milligan tidak mau berbicara untuk cerita ini karena ia anggap The Dispatch  sebagai “anti-Billy” di masa lalu.

Harding, 78, psikiater yang pertama kali bekerja dengan kepribadian ganda Milligan, mengatakan ia juga belum berbicara dengan Milligan bertahun-tahun. Dia mengatakan bahwa, melihat ke belakang, ia berharap ia telah lebih agresif dalam perawatan, dan bahwa kasus ini bisa lebih dipelajari tanpa kontroversi yang begitu banyak.

Caul, dokter yang bekerja dengan Milligan paling dekat, meninggal pada tahun 1988. Pengacara pembela Milligan juga telah meninggal.

Richard Kipperman, wali amanat yang menangani estate Milligan di California antara tahun 1996 dan 2000, mengatakan ia kehilangan kontak dengan dia sebelum dia keluar dari kebangkrutan. Setelah kreditur Milligan dibayar, ada uang tersisa, namun Kipperman belum mampu menemukan Milligan untuk memberikannya.

“Apakah Anda tahu di mana dia?” dia bertanya.

Ayah tiri terakhir Milligan, Del Moore, mengatakan dia tidak tahu di mana anak tirinya  dan sebaliknya tidak mau berkomentar.

Setelah beberapa minggu mencari Milligan dan teman-temannya dan keluarga, Dispatch menerima surat dari adiknya, Kathy. Ibunya tidak memiliki kontak dengan Milligan dalam 15 tahun, dia menulis.

Dia menulis tentang perlakuan buruk yang diterima kakaknya di rumah sakit, dari cara ia menjadi pion politik dan  dia percaya Dispatch menutupi cerita.

“Orang-orang tidak peduli dan penuh kasih seperti yang kita ingin percaya,” tulisnya.

Dia tidak memberikan petunjuk tentang bagaimana menemukan kakaknya.

Nah, setidaknya berita ini bisa menutupi rasa penasaran pembaca buku 24 Wajah Billy.

 

BACA DONG YANG INI

Iklan

5 comments on “Sinopsis Buku “24 Wajah Billy” oleh Daniel Keyes

  1. Ping-balik: Sinopsis Buku “24 Wajah Billy” oleh Daniel Keyes | a piece of my words

  2. Ping-balik: HIT Obat Nyamuk, Amankah? | CINTA BUKU

  3. Ping-balik: STAEDTLER PENSILTERBAIK UNTUK ANAK | CINTA BUKU

  4. I loved as much as you’ll receive carried out right here.

    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an shakiness over that
    you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly
    the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s